SYARAT LAYANAN


1. PENDAHULUAN

a. Selamat datang di platform Jaja.id. Silakan baca Syarat Layanan berikut dengan cermat sebelum menggunakan Situs ini atau membuka akun Jaja.id "Akun" agar anda mengetahui tentang hak dan kewajiban hukum anda sehubungan dengan PT Eurekabookhouse dan afiliasinya dan anak perusahaannya (masing-masing dan bersama-sama, "Jaja.id" atau "kami"). "Layanan" yang kami berikan atau sediakan termasuk (a) Situs, (b) layanan yang disediakan oleh Situs dan oleh perangkat lunak klien Jaja.id yang tersedia melalui Situs, dan (c) semua informasi, halaman tertaut, fitur, data, teks, gambar, foto, grafik, musik, suara, video (termasuk siaran langsung (live stream), pesan, tag, konten, pemrograman, perangkat lunak, layanan aplikasi (termasuk, dengan tidak terbatas pada, setiap layanan aplikasi mobile) atau materi lainnya yang tersedia melalui Situs atau layanan terkait ("Konten"). Setiap fitur baru yang ditambahkan atau memperbesar Layanan juga tunduk pada Syarat Layanan ini. Syarat Layanan ini mengatur penggunaan Layanan yang disediakan oleh Jaja.id.

b. Layanan termasuk layanan platform online yang menyediakan tempat dan peluang untuk penjualan barang antara pembeli ("Pembeli") dan penjual ("Penjual") (secara bersama-sama disebut “anda”, "Pengguna" atau "Para Pihak"). Kontrak penjualan yang sebenarnya adalah secara langsung antara Pembeli dan Penjual dan Jaja.id bukan merupakan pihak di dalamnya atau setiap kontrak lainnya antara Pembeli dan Penjual serta tidak bertanggung jawab sehubungan dengan kontrak tersebut. Para Pihak dalam transaksi tersebut akan sepenuhnya bertanggung jawab untuk kontrak penjualan antara mereka, daftar barang, garansi pembelian dan sebagainya. Jaja.id tidak terlibat dalam transaksi antara Pengguna. Jaja.id dapat atau tidak dapat melakukan penyaringan awal terhadap Pengguna atau Konten atau informasi yang diberikan oleh Pengguna. Jaja.id berhak untuk menghapus setiap Konten atau informasi yang diposting oleh anda di Situs. Jaja.id tidak dapat memastikan bahwa Pengguna akan benar-benar menyelesaikan transaksi.

c. Sebelum menjadi Pengguna Situs, anda harus membaca dan menerima semua syarat dan ketentuan dalam, dan yang berkaitan dengan, Syarat Layanan ini dan anda harus memberikan persetujuan atas pemrosesan data pribadi anda sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi yang terkait dengan Syarat Layanan ini.

d. Jaja.id berhak untuk mengganti, mengubah, menangguhkan atau menghentikan semua atau bagian apapun dari Situs ini atau Layanan setiap saat atau setelah memberikan pemberitahuan sebagaimana dipersyaratkan oleh undang-undang dan peraturan setempat. Jaja.id dapat meluncurkan Layanan tertentu atau fitur tertentu dalam versi beta, yang mungkin tidak berfungsi dengan baik atau sama seperti versi akhir, dan kami tidak bertanggung jawab dalam hal demikian. Jaja.id juga dapat membatasi fitur tertentu atau membatasi akses anda ke bagian atau seluruh Situs atau Layanan atas kebijakannya sendiri dan tanpa pemberitahuan atau kewajiban.

e. Jaja.id berhak untuk menolak memberikan akses ke Situs atau Layanan kepada anda atau mengizinkan anda untuk membuka Akun dengan alasan apapun.

DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN JAJA.ID ATAU MEMBUKA AKUN, ANDA MEMBERIKAN PENERIMAAN DAN PERSETUJUAN YANG TIDAK DAPAT DICABUT ATAS PERSYARATAN PERJANJIAN INI, TERMASUK SYARAT DAN KETENTUAN TAMBAHAN SERTA KEBIJAKAN YANG DISEBUTKAN DI SINI DAN/ATAU TERKAIT DI SINI.
APABILA ANDA TIDAK MENYETUJUI KETENTUAN INI, MOHON JANGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI ATAU MENGAKSES SITUS. APABILA ANDA DI BAWAH USIA 17 TAHUN ATAU BELUM MENIKAH DAN BERADA DIBAWAH PENGAMPUAN, ANDA HARUS MENDAPATKAN IZIN DARI ORANG TUA ATAU WALI UNTUK MEMBUKA AKUN DAN ORANG TUA ATAU WALI TERSEBUT HARUS MENYETUJUI KETENTUAN PERJANJIAN INI. APABILA ANDA TIDAK MEMAHAMI BAGIAN INI, MOHON JANGAN MEMBUAT AKUN SAMPAI ANDA TELAH MEMINTA BANTUAN ORANG TUA ATAU WALI ANDA. APABILA ANDA ADALAH ORANG TUA ATAU WALI ANAK DI BAWAH UMUR YANG MEMBUAT AKUN, ANDA HARUS MENERIMA KETENTUAN PERJANJIAN INI ATAS NAMA ANAK DI BAWAH UMUR TERSEBUT DAN ANDA AKAN BERTANGGUNG JAWAB ATAS SEMUA PENGGUNAAN AKUN ATAU LAYANAN PERUSAHAAN YANG MENGGUNAKAN AKUN TERSEBUT, BAIK APAKAH AKUN TERSEBUT SUDAH DIBUKA SAAT INI ATAU DIBUAT DI MASA MENDATANG.

2. PRIVASI
a. Privasi anda sangatlah penting bagi kami di Jaja.id. Untuk melindungi hak-hak anda dengan lebih baik kami telah menyediakan Kebijakan Privasi Jaja.id untuk menjelaskan praktik privasi kami secara rinci. Silakan baca Kebijakan Privasi untuk memahami bagaimana Jaja.id mengumpulkan dan menggunakan informasi yang berkaitan dengan Akun anda dan/atau penggunaan Layanan oleh anda (“Informasi Pengguna”). Dengan menggunakan Layanan atau memberikan informasi di Situs, anda:

• menyetujui tindakan Jaja.id untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah Konten, data pribadi dan Informasi Pengguna anda sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi;

• menyetujui dan mengakui bahwa hak kepemilikan atas Informasi Pengguna dimiliki secara bersama oleh anda dan Jaja.id; dan

• tidak akan, baik secara langsung maupun tidak langsung, mengungkapkan Informasi Pengguna anda kepada setiap pihak ketiga, atau sebaliknya memperbolehkan setiap pihak ketiga untuk mengakses atau menggunakan Informasi Pengguna anda, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Jaja.id.

b. Pengguna yang memiliki data pribadi Pengguna lainnya melalui penggunaan Layanan ("Pihak Penerima") dengan ini setuju bahwa, mereka akan (i) mematuhi semua undang-undang perlindungan data pribadi yang berlaku sehubungan dengan data tersebut; (ii) mengizinkan Pengguna yang data pribadinya telah dikumpulkan oleh Pihak Penerima ("Pihak yang Mengungkapkan") untuk menghapus datanya yang telah dikumpulkan dari database Pihak Penerima; dan (iii) mengizinkan Pihak yang Mengungkapkan untuk meninjau informasi apa saja yang telah dikumpulkan tentang mereka oleh Pihak Penerima, dalam setiap kasus (ii) dan (iii) di atas, dilakukan sesuai dengan dan bilamana diwajibkan oleh hukum yang berlaku. 

3. IZIN TERBATAS

a. Jaja.id memberikan izin terbatas yang dapat dicabut kembali kepada anda untuk mengakses Layanan dengan tunduk pada syarat dan ketentuan Syarat Layanan ini. Semua Konten eksklusif, merek dagang, merek layanan, nama merek, logo dan kekayaan intelektual lainnya ("Kekayaan Intelektual") yang ditampilkan di Situs merupakan milik Jaja.id dan bila berlaku, pemilik pihak ketiga yang diidentifikasi dalam Situs. Tidak ada hak atau izin yang diberikan secara langsung atau tidak langsung kepada pihak mana pun yang mengakses Situs untuk menggunakan atau memperbanyak Kekayaan Intelektual, dan tidak ada pihak yang mengakses Situs yang dapat mengklaim hak, kepemilikan atau kepentingan apapun di dalamnya. Dengan menggunakan atau mengakses Layanan anda setuju untuk mematuhi hak cipta, merek dagang, merek layanan, dan semua undang-undang yang berlaku lainnya yang melindungi Layanan, Situs dan Kontennya. Anda setuju untuk tidak menyalin, mendistribusikan, mempublikasikan ulang, mengirimkan, menampilkan secara terbuka, melakukan secara terbuka, mengubah, menyesuaikan, menyewa, menjual, atau membuat karya turunan dari bagian apapun dari Layanan, Situs atau Kontennya. Anda juga tidak boleh, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami, me-mirror atau membingkai bagian apapun atau seluruh konten Situs ini di server lain mana pun atau sebagai bagian dari situs web lain apapun. Selain itu, anda setuju bahwa anda tidak akan menggunakan robot, spider atau perangkat otomatis maupun proses manual lain apapun untuk memantau atau menyalin Konten kami, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami (persetujuan tersebut dianggap diberikan untuk teknologi mesin pencari standar yang digunakan oleh situs web pencari Internet guna mengarahkan pengguna Internet ke situs web ini).

b. Anda setuju bahwa Jaja.id dapat untuk alasan apapun atas kebijakannya sendiri dan dengan atau tanpa pemberitahuan atau kewajiban kepada anda atau pihak ketiga mana pun, menambah, mengganti, dan/atau memodifikasi, model metode, algoritma atau proses otomatis lainnya yang tersedia saat menyediakan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada layanan yang terkait dengan Iklanku atau layanan lain yang disediakan oleh Jaja.id.c. Anda boleh membuat tautan ke Situs dari situs web anda, asalkan situs web anda tidak menyiratkan adanya dukungan oleh atau asosiasi dengan Jaja.id. Anda mengakui bahwa atas kebijakannya sendiri dan setiap saat Jaja.id dapat berhenti menyediakan Layanan, baik sebagian atau secara keseluruhan, tanpa pemberitahuan.

4. PERANGKAT LUNAK

Setiap perangkat lunak yang disediakan oleh kami kepada anda sebagai bagian dari Layanan tunduk pada ketentuan Syarat Layanan ini. Jaja.id mencadangkan semua hak atas perangkat lunak yang tidak secara tegas diberikan oleh Jaja.id dalam Syarat Layanan ini. Setiap skrip atau kode pihak ketiga yang tertaut atau dirujuk dari Layanan dilisensikan kepada anda oleh pihak ketiga yang memiliki skrip atau kode tersebut, bukan oleh Jaja.id.

5. AKUN DAN KEAMANAN

a. Beberapa fungsi Layanan kami membutuhkan pendaftaran Akun dengan memilih identifikasi pengguna ("ID Pengguna") dan kata sandi unik, serta memberikan informasi pribadi tertentu. Apabila anda memilih ID Pengguna yang dianggap tidak sopan atau tidak pantas oleh Jaja.id atas kebijakannya sendiri, Jaja.id berhak untuk menangguhkan atau mengakhiri Akun anda. Anda mungkin dapat menggunakan Akun anda untuk memperoleh akses ke produk, situs web atau layanan lain yang kami aktifkan aksesnya atau yang memiliki ikatan atau bekerja sama dengan kami. Jaja.id belum meninjau dan tidak bertanggung jawab atas konten, fungsionalitas, keamanan, layanan, kebijakan privasi, atau praktik lain pihak ketiga atas produk, situs web atau layanan tersebut. Apabila anda melakukannya, syarat layanan untuk produk, situs web atau layanan tersebut, termasuk kebijakan privasi mereka masing-masing, jika berbeda dari Syarat Layanan ini dan/atau Kebijakan Privasi kami, juga dapat berlaku atas penggunaan produk, situs web atau layanan tersebut oleh anda.

b. Anda setuju untuk (a) menjaga kerahasiaan kata sandi anda dan hanya menggunakan ID Pengguna dan kata sandi anda saat login, (b) memastikan bahwa anda keluar dari akun anda pada akhir setiap sesi di Situs, (c) segera memberi tahu Jaja.id tentang penggunaan tanpa izin atas Akun, ID Pengguna dan/atau kata sandi anda, dan (d) memastikan bahwa informasi Akun anda akurat dan terkini. Anda sepenuhnya bertanggung jawab untuk semua kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan ID Pengguna dan Akun anda bahkan bila kegiatan atau penggunaan tersebut tidak dilakukan oleh anda. Jaja.id tidak akan bertanggung jawab untuk setiap kerugian atau kerusakan yang timbul dari penggunaan tanpa izin atas kata sandi anda atau kegagalan anda untuk mematuhi Bagian ini.c. Anda setuju bahwa untuk alasan apapun atas kebijakannya sendiri dan dengan atau tanpa pemberitahuan atau kewajiban kepada anda atau pihak ketiga mana pun, Jaja.id dapat mengakhiri Akun dan ID Pengguna anda serta menghapus atau membuang setiap Konten yang berkaitan dengan Akun dan ID Pengguna anda dari Situs, menarik subsidi yang ditawarkan kepada anda, membatalkan transaksi yang berhubungan dengan Akun dan ID Pengguna, menahan hasil penjualan atau pengembalian, dan/atau mengambil tindakan lain yang dianggap perlu oleh Jaja.id. Dasar untuk pengakhiran tersebut dapat termasuk, tetapi tidak terbatas pada, keadaan yang sebenarnya atau yang diduga: (a) atas permintaan anda, (b) ketidakaktifan Akun atau ID Pengguna untuk beberapa lama (c) pelanggaran terhadap ketentuan atau semangat Syarat Layanan ini, (d) perilaku yang ilegal, menipu, melecehkan, memfitnah, mengancam atau kasar (e) memiliki beberapa akun pengguna untuk alasan yang tidak sah, (f) pembelian produk pada Situs untuk tujuan penjualan kembali secara komersil (g) pembelian yang berlebihan atau abnormal atas suatu produk dari Penjual atau grup Penjual yang sama, (h) penyalahgunaan voucher (termasuk, namun tidak terbatas pada, penjualan voucher kepada pihak ketiga dan penggunaan voucher yang berlebihan dan abnormal pada Situs (i) perilaku yang merugikan Pengguna lain, pihak ketiga, atau kepentingan bisnis Jaja.id atau (j) sebagaimana diinstruksikan oleh institusi pemerintah yang berwenang atau aparat penegak hukum terkait. Penggunaan Akun untuk tujuan yang ilegal, menipu, melecehkan, memfitnah, mengancam atau kasar dapat dirujuk ke pihak penegak hukum tanpa pemberitahuan kepada anda. Apabila permasalahan hukum timbul atau tindakan penegakan hukum dilakukan dalam kaitan dengan Akun anda atau penggunaan Layanan oleh anda untuk alasan apapun, Jaja.id dapat mengakhiri Akun anda dengan segera dengan atau tanpa pemberitahuan.d. Pengguna dapat menghapus Akun mereka jika mereka memberi tahu Jaja.id secara tertulis (termasuk melalui email di help@support.Jaja.id.co.id) tentang niatan mereka tersebut. Terlepas dari adanya penghapusan tersebut, Pengguna tetap bertanggung jawab dan berkewajiban untuk setiap transaksi yang belum selesai (baik apakah dimulai sebelum atau setelah penghapusan tersebut), pengiriman produk, pembayaran untuk produk, atau hal semacam itu, dan Pengguna harus menghubungi Jaja.id setelah ia telah melakukan dan menyelesaikan semua transaksi yang belum selesai dengan segera dan efektif sesuai dengan Syarat Layanan. Jaja.id tidak akan memiliki kewajiban, dan tidak akan bertanggung jawab atas setiap kerugian yang terjadi akibat tindakan yang diambil sesuai dengan bagian ini. Pengguna melepaskan setiap dan semua klaim berdasarkan tindakan semacam itu yang diambil oleh Jaja.id.e. Anda hanya boleh menggunakan Layanan dan/atau membuka Akun jika anda berlokasi di salah satu negara yang kami setujui, sebagaimana diperbarui dari waktu ke waktu.
6.PERSYARATAN PENGGUNAAN

a. Izin untuk menggunakan Situs dan Layanan ini berlaku sampai diakhiri. Izin ini akan berakhir sebagaimana diatur dalam Syarat Layanan ini atau jika anda gagal mematuhi persyaratan atau ketentuan apapun dari Syarat Layanan ini. Dalam hal demikian, Jaja.id dapat melakukan pengakhiran tersebut dengan atau tanpa memberikan pemberitahuan kepada anda.

b. Anda setuju untuk tidak:

• mengunggah, memasang (posting), mengirimkan atau menyediakan Konten yang melanggar hukum, berbahaya, mengancam, kasar, melecehkan, mengkhawatirkan, meresahkan, berliku-liku, memfitnah, vulgar, cabul, mencemarkan, invasif terhadap privasi pihak lain, penuh kebencian, atau mengandung unsur SARA atau lainnya;

• melanggar undang-undang, termasuk dengan tidak terbatas pada undang-undang dan peraturan sehubungan dengan batasan ekspor dan impor, hak pihak ketiga atau kebijakan Barang yang Dilarang dan Dibatasi kami;
• mengunggah, memasang (posting), mengirimkan atau sebaliknya menyediakan Konten  yang menampilkan anak di bawah umur tanpa pengawasan atau menggunakan Layanan untuk merugikan anak di bawah umur dengan cara apapun;
• menggunakan Layanan atau mengunggah Konten untuk menyamar sebagai orang atau entitas lain, atau kalau tidak memalsukan afiliasi anda dengan seseorang atau suatu entitas;
• memalsukan kop atau kalau tidak memanipulasi pengidentifikasi guna menyamarkan asal Konten apapun yang dikirimkan melalui Layanan;
• menghapus pemberitahuan mengenai hak kepemilikan dari Situs;
• menyebabkan, mengizinkan atau memberikan wewenang untuk modifikasi, pembuatan karya turunan, atau penerjemahan Layanan tanpa izin yang jelas dari Jaja.id;
• menggunakan Layanan untuk manfaat pihak ketiga atau dengan cara yang tidak diizinkan oleh izin yang diberikan di sini;
• menggunakan Layanan atau mengunggah Konten dengan cara yang menipu, membohongi, memalsukan, menyesatkan, atau memperdayakan ;
• membuka dan/atau mengoperasikan beberapa akun pengguna sehubungan dengan tindakan yang secara jelas melanggar Syarat Layanan ini atau maksud dari Syarat Layanan ini;
• mengakses Situs, membuka akun pengguna, atau sebaliknya mengakses akun pengguna dengan menggunakan emulator, simulator, bot, atau perangkat keras maupun perangkat lunak sejenisnya;
• memanipulasi harga barang apapun atau mengganggu daftar Pengguna lain;
• melakukan tindakan yang dapat merusak sistem umpan balik atau peringkat;
• mencoba mendekompilasi, merekayasa balik, membongkar atau meretas Layanan (atau bagian apapun darinya), atau mengalahkan atau mengatasi teknologi enkripsi atau langkah-langkah keamanan yang diimplementasikan oleh Jaja.id sehubungan dengan Layanan dan/atau data yang dikirim, diolah atau disimpan oleh Jaja.id;
• memungut atau mengumpulkan informasi apapun tentang atau mengenai pemegang Akun lain, termasuk, dengan tidak terbatas pada, data atau informasi pribadi apapun;
• mengunggah, mengirim email, memposting, mengirimkan atau menyediakan Konten apapun yang tidak berhak untuk anda sediakan berdasarkan hukum atau ikatan kontrak atau fidusia (seperti informasi orang dalam, informasi eksklusif dan rahasia yang dipelajari atau diungkapkan sebagai bagian dari hubungan kerja atau di bawah perjanjian non pengungkapan);
• mengunggah, mengirim email, memposting, mengirimkan atau menyediakan Konten apapun yang melanggar hak paten, merek dagang, rahasia dagang, hak cipta atau hak kepemilikan lainnya dari pihak mana pun;
• mengunggah, mengirim email, memposting, mengirimkan atau menyediakan iklan, materi promosi yang tidak diinginkan atau tidak sah, "surat sampah", "spam", "surat berantai", "skema piramida", atau bentuk ajakan lainnya yang tidak sah;
• mengunggah, mengirim email, memposting, mengirimkan atau menyediakan materi yang berisikan virus, worm, Trojan-horse perangkat lunak atau kode, rutin, file maupun program komputer lainnya yang dirancang untuk secara langsung atau tidak langsung memengaruhi, memanipulasi, mengganggu, menghancurkan atau membatasi fungsionalitas atau integritas perangkat lunak atau perangkat keras komputer atau data atau perlengkapan telekomunikasi apapun;
• mengganggu aliran normal dialog, menyebabkan layar "bergulir" lebih cepat daripada kecepatan mengetik Pengguna Layanan lainnya, atau melakukan tindakan yang secara negatif memengaruhi kemampuan Pengguna lain untuk berkomunikasi dalam waktu nyata;
• memengaruhi, memanipulasi atau mengganggu Layanan atau server atau jaringan yang terhubung ke Layanan atau penggunaan dan kenyamanan menikmati Layanan oleh Pengguna lainnya, atau tidak menaati persyaratan, prosedur, kebijakan atau peraturan jaringan yang terhubung ke Situs;
• melakukan tindakan atau terlibat dalam perilaku yang secara langsung atau tidak langsung dapat merusak, melumpuhkan, membebani secara berlebihan, atau mengganggu Layanan atau server atau jaringan yang terhubung ke Layanan;
• menggunakan Layanan untuk sengaja atau tidak sengaja melanggar hukum, aturan, kode, arahan, pedoman, kebijakan atau peraturan setempat, negara bagian, nasional atau internasional yang berlaku termasuk, dengan tidak terbatas pada, undang-undang dan persyaratan (baik yang berkekuatan hukum maupun tidak) yang berkaitan dengan anti pencucian uang atau anti terorisme.
• menggunakan Layanan dengan melanggar atau untuk menghindari sanksi atau embargo yang diberikan atau diberlakukan oleh Kantor Pengawasan Aset Luar Negeri Departemen Keuangan AS, Dewan Keamanan PBB, Uni Eropa atau Her Majesty’s Treasury;
• menggunakan Layanan untuk melanggar privasi pihak lainnya atau untuk "menguntit" atau mengganggu pihak lain;
• melanggar hak Jaja.id, termasuk setiap hak kekayaan intelektual dan setiap pemboncengan reputasi (passing off) atas hak kekayaan intelektual tersebut;
• menggunakan Layanan untuk mengumpulkan atau menyimpan data pribadi tentang Pengguna lainnya sehubungan dengan perilaku dan kegiatan terlarang yang ditetapkan di atas; dan/atau
• mendaftarkan barang yang melanggar hak cipta, merek dagang atau hak kekayaan intelektual pihak ketiga lainnya atau menggunakan layanan dengan cara yang akan melanggar hak kekayaan intelektual pihak lain; dan/atau
• meminta, berkorespondensi, dan/atau terlibat dengan, atau menyediakan informasi terkait aktivitas pengguna saat menggunakan Layanan kepada media dan/atau perusahaan riset, untuk tujuan apapun termasuk namun tidak terbatas kepada riset pasar, survei kepuasan, atau bentuk pemasaran lainnya tanpa persetujuan tertulis dari Jaja.id.

c. Anda memahami bahwa semua Konten, baik yang diposting untuk umum atau dikirimkan secara pribadi, merupakan tanggung jawab tunggal orang dari mana Konten tersebut berasal. Ini berarti anda, dan bukan Jaja.id, bertanggung jawab penuh untuk semua Konten yang anda unggah, posting, kirim melalui email, kirimkan atau sediakan melalui Situs. Anda memahami bahwa dengan menggunakan Situs ini, anda mungkin akan menemukan Konten yang anda anggap menyinggung, tidak sopan atau tidak pantas. Sejauh yang diperbolehkan oleh hukum yang berlaku, dalam situasi apapun Jaja.id tidak akan bertanggung jawab dengan cara apapun untuk setiap Konten, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, setiap kesalahan atau pembiaran dalam Konten, atau kehilangan maupun kerusakan dalam bentuk apapun yang terjadi sebagai akibat penggunaan, kepercayaan pada Konten yang diposting, diemail, dikirimkan atau disediakan di Situs.

d. Anda mengakui bahwa Jaja.id dan pihak yang ditunjuk olehnya memiliki hak (tetapi bukan kewajiban) atas kebijakan mereka sendiri untuk melakukan penyaringan awal, menolak, menghapus, memberhentikan, membekukan, atau memindahkan Konten, termasuk dengan tidak terbatas pada setiap Konten atau informasi yang diposting oleh anda, yang tersedia di Situs. Tanpa membatasi ketentuan di atas, Jaja.id dan pihak yang ditunjuk olehnya berhak untuk menghapus Konten (i) yang melanggar Syarat Layanan ini; (ii) jika kami menerima keluhan dari Pengguna lain; (iii) jika kami menerima pemberitahuan tentang pelanggaran kekayaan intelektual atau instruksi hukum lainnya untuk penghapusan; atau (iv) jika Konten tersebut tidak pantas. Kami juga dapat memblokir pengiriman komunikasi (termasuk, dengan tidak terbatas pada, pembaruan status, postingan, pesan dan/atau obrolan) ke atau dari Layanan sebagai bagian dari upaya kami melindungi Layanan atau Pengguna kami, atau menegakkan ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini. Anda setuju bahwa anda harus mengevaluasi, dan menanggung semua risiko yang berkaitan dengan penggunaan Konten, termasuk, dengan tidak terbatas pada, kepercayaan pada keakuratan, kelengkapan, atau kegunaan Konten tersebut. Dalam hal ini, anda mengakui bahwa anda belum dan, sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku, tidak boleh bersandar pada Konten yang dibuat oleh Jaja.id atau dikirimkan ke Jaja.id, termasuk, dengan tidak terbatas pada, informasi di Forum Jaja.id dan di semua bagian lainnya dari Situs.

e. Anda mengakui, mengizinkan dan setuju bahwa Jaja.id dapat mengakses, menyimpan dan mengungkapkan informasi Akun dan Konten anda jika diharuskan untuk melakukannya oleh hukum atau berdasarkan perintah pengadilan atau otoritas pemerintah atau pengatur yang memiliki yurisdiksi atas Jaja.id atau dengan itikad baik bahwa akses, penyimpanan atau pengungkapan tersebut memang wajar diperlukan untuk: (a) mematuhi proses hukum; (e) menegakkan Syarat Layanan ini; (c) menanggapi klaim bahwa Konten melanggar hak pihak ketiga; (d) menanggapi permintaan anda untuk layanan pelanggan; atau (e) melindungi hak, milik atau keselamatan pribadi Jaja.id, Penggunanya dan/atau masyarakat.

7. PELANGGARAN TERHADAP SYARAT LAYANAN KAMI
a. Pelanggaran terhadap kebijakan ini dapat mengakibatkan berbagai tindakan, termasuk, dengan tidak terbatas pada, salah satu atau semua dari hal-hal berikut ini:

• Penghapusan daftar
• Batasan diberlakukan pada hak Akun
• Penangguhan dan pengakhiran akun
• Tuntutan pidana 
• Tindakan perdata, termasuk dengan tidak terbatas pada klaim untuk kerugian   dan/atau ganti rugi sementara atau perintah ganti rugi oleh pengadilan.Apabila anda yakin bahwa seorang Pengguna di Situs kami melanggar Syarat Layanan ini, silakan hubungi help@support.Jaja.id.co.id.

8. MELAPORKAN PELANGGARAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

a. Pengguna adalah individu atau bisnis independen dan mereka tidak mempunyai hubungan dengan Jaja.id dalam cara apapun. Jaja.id bukanlah agen atau perwakilan dari Pengguna dan tidak memegang dan/atau memiliki barang yang tercantum di Situs.

b. Apabila anda adalah pemilik hak kekayaan intelektual (“Pemilik HAKI”) atau agen yang diberikan wewenang secara sah oleh Pemilik HAKI (“Agen HAKI”) dan anda percaya bahwa hak anda atau hak pihak yang memberikan wewenang kepada anda telah dilanggar, silakan beri tahu kami secara tertulis melalui e-mail ke help@support.Jaja.id.co.id dan menyertakan legal@Jaja.id.com dan memberikan kepada kami dokumen yang dipersyaratkan di bawah untuk mendukung klaim anda. Mohon untuk memberikan waktu kepada kami untuk memproses informasi yang diberikan. Jaja.id akan menanggapi klaim anda sesegera mungkin.

c. Klaim berdasarkan Bagian 8 ini harus diberikan dalam form yang ditentukan oleh Jaja.id, yang dapat diperbaharui dari waktu ke waktu, dan harus mencakup sekurang-kurangnya hal berikut: (a) tanda tangan fisik atau elektronik Pemilik HAKI atau Agen HAKI (secara bersama-sama disebut “Informan”); (b) penjelasan tentang jenis dan sifat hak kekayaan intelektual yang diduga dilanggar; (c) rincian dari daftar yang berisi dugaan pelanggaran; (d) informasi yang cukup untuk memperbolehkan Jaja.id menghubungi Informan, seperti alamat fisik, nomor telepon dan alamat e-mail Informan; (e) pernyataan dari Informan bahwa keluhan tersebut diajukan dengan itikad baik dan bahwa penggunaan hak kekayaan intelektual sebagaimana diidentifikasi oleh Informan tidak diizinkan oleh Pemilik HAKI atau hukum; (f) pernyataan oleh Informan bahwa informasi dalam pemberitahuan tersebut akurat, memberikan ganti rugi kami atas setiap kerugian yang diderita oleh kami sebagai akibat dari informasi yang diberikan oleh dan bahwa Informan memiliki hak yang sesuai atau berwenang untuk bertindak atas nama Pemilik HAKI atas keluhan tersebut.

9. PEMBELIAN DAN PEMBAYARAN

a. Jaja.id mendukung satu atau lebih metode pembayaran berikut:

• Kartu kreditPembayaran dengan kartu diproses melalui saluran pembayaran pihak ketiga dan jenis kartu kredit yang diterima oleh saluran pembayaran ini mungkin bervariasi tergantung pada yurisdiksi tempat anda berada;

• Cash on Delivery (COD)Jaja.id menyediakan layanan COD di beberapa negara tertentu. Pembeli dapat membayar tunai langsung kepada agen pengiriman setelah menerima barang yang beli;

• Transfer BankPembeli dapat melakukan pembayaran melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau transfer bank via internet (“Transfer Bank”) ke Rekening Garansi Jaja.id kami yang ditunjuk (seperti yang ditentukan dalam Bagian 13). Pembeli harus memberikan bukti transfer atau referensi transaksi pembayaran kepada Jaja.id untuk tujuan verifikasi melalui fungsi 'Unggah Bukti Pembayaran' yang dapat ditemukan di aplikasi Jaja.id sebagai konfirmasi pembayaran. Apabila konfirmasi pembayaran tidak diterima Jaja.id dalam tiga (3) hari, pesanan Pembeli akan dibatalkan;

• Metode pembayaran lainnya sebagaimana ditampilkan di Situs.

b. Pembeli boleh mengganti mode pembayaran pilihan untuk pembelian mereka hanya sebelum melakukan pembayaran.

c. Jaja.id tidak bertanggung jawab dan tidak memiliki kewajiban apapun untuk setiap kerugian atau kerusakan terhadap Pembeli yang timbul dari informasi pengiriman dan/atau informasi pembayaran yang dimasukkan oleh Pembeli atau pengiriman uang yang salah oleh Pembeli sehubungan dengan pembayaran untuk barang yang dibeli. Kami berhak untuk mengecek apakah Pembeli berwenang untuk menggunakan metode pembayaran tertentu, dan dapat menangguhkan transaksi sampai otorisasi tersebut dikonfirmasi atau membatalkan transaksi yang bersangkutan bila konfirmasi tersebut tidak tersedia.

10. SALDO PENJUAL JAJA.ID
a. Saldo Penjual Jaja.id memungkinkan Penjual untuk menyimpan uang yang mereka terima dari hasil penjualan dan pengembalian biaya pengiriman. Jumlah ini, dikurangi penarikan apapun, akan terefleksikan sebagai Saldo Penjual Jaja.id anda.

b. Uang dari penjualan barang anda di Jaja.id akan dikreditkan ke Saldo Penjual Jaja.id anda dalam waktu satu (1) hari setelah barang diterima oleh Pembeli berdasarkan status pengiriman termutakhir dari penyedia jasa pengiriman atau segera setelah Pembeli mengkonfirmasi di Situs bahwa mereka telah menerima barang tersebut.

c. Pada saat ini, Jaja.id hanya dapat melakukan pembayaran (yaitu hasil penjualan barang dan pengembalian biaya pengiriman) kepada Penjual melalui bank transfer. Oleh karena itu, Penjual diminta untuk memberikan rincian rekening bank Penjual kepada Jaja.id untuk menerima pembayaran dari Jaja.id.

11.     GARANSI JAJA.ID

a. Garansi Jaja.id adalah layanan yang disediakan oleh Jaja.id atau agen yang berwenang untuk melindungi pembelian. Untuk melindungi terhadap risiko tanggung jawab, pembayaran untuk pembelian yang dilakukan kepada Penjual dengan menggunakan Layanan akan diselenggarakan oleh Jaja.id atau agen yang berwenang ("Rekening Garansi Jaja.id"). Penjual tidak akan menerima bunga atau penghasilan lain dari jumlah yang telah anda bayarkan ke Rekening Garansi Jaja.id.

b. Setelah Pembeli melakukan pembayaran untuk pesanannya ("Uang Pembelian Pembeli"), Uang Pembelian Pembeli akan disimpan di Rekening Garansi Jaja.id sampai:• Pembeli mengirimkan konfirmasi kepada Jaja.id bahwa Pembeli telah menerima barangnya, dalam hal mana, kecuali 13.2(d) berlaku, Jaja.id akan mengeluarkan Uang Pembelian Pembeli (dikurangi Biaya Penanganan dan Jumlah Pajak (sebagaimana didefinisikan di bawah)) di Rekening Garansi Jaja.id kepada Penjual;• Masa Garansi Jaja.id (atau setiap perpanjangan yang disetujui berdasarkan 13.3) berakhir, dalam hal mana, kecuali 13.2(c) atau 13.2(d) berlaku, Jaja.id akan mengeluarkan Uang Pembelian Pembeli (dikurangi Biaya Penanganan dan Jumlah Pajak (sebagaimana didefinisikan di bawah)) di Rekening Garansi Jaja.id kepada Penjual;• Jaja.id menetapkan bahwa permohonan Pembeli untuk pengembalian barang dan/atau pengembalian dana berhasil, dalam hal mana, kecuali 13.2(d) berlaku, Jaja.id akan mengembalikan uang kepada Pembeli, dengan tunduk pada dan sesuai dengan Kebijakan Pengembalian Dana dan Barang.• waktu lain saat Jaja.id secara wajar menetapkan bahwa distribusi Uang Pembelian Pembeli (dikurangi Biaya Penanganan dan Jumlah Pajak (sebagaimana didefinisikan di bawah)) adalah tepat, termasuk, dengan tidak terbatas pada, saat dianggap perlu untuk mematuhi hukum yang berlaku atau perintah pengadilan atau untuk menegakkan Syarat Layanan ini.Garansi Jaja.id hanya ditawarkan kepada Pembeli yang telah melakukan pembayaran melalui saluran yang disediakan Jaja.id ke Rekening Garansi Jaja.id. Pengaturan offline antara Pembeli dan Penjual tidak akan dilindungi oleh Garansi Jaja.id.
c. Pembayaran yang dilakukan melalui saluran Jaja.id akan disimpan di Rekening Garansi Jaja.id selama jangka waktu tertentu ("Masa Garansi Jaja.id"). Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Masa Garansi Jaja.id, silakan klik tautan ini.  Pembeli dapat mengajukan permohonan perpanjangan satu kali untuk Masa Garansi Jaja.id sebelum berakhirnya Masa Garansi Jaja.id yang berlaku, dengan tunduk dan sesuai dengan Kebijakan Pengembalian Dana dan Barang. Setelah permohonan Pembeli, Masa Garansi Jaja.id dapat diperpanjang untuk jangka waktu maksimal tiga (3) hari kecuali Jaja.id atas kebijakannya sendiri menentukan bahwa perpanjangan yang lebih lama tepat atau diperlukan.         d. Apabila, untuk alasan apapun, rekening bank Penjual tidak dapat dikreditkan dan/atau Penjual tidak dapat dihubungi, Jaja.id akan melaksanakan usaha yang wajar untuk menghubungi Penjual dengan menggunakan rincian kontak yang diberikan oleh Penjual tersebut. Dalam hal Penjual tidak dapat dihubungi dan Uang Pembelian Pembeli tetap tidak diklaim selama lebih dari dua belas (12) bulan setelah uang tersebut jatuh tempo untuk diberikan untuk Penjual, Jaja.id akan menangani Uang Pembelian Pembeli yang tidak diklaim tersebut sesuai dengan hukum yang berlaku.
e. Penjual/Pembeli haruslah pemilik Akun dan melakukan transaksi di Situs hanya atas nama dirinya sendiri. Jaja.id mungkin memerlukan Penjual atau Pembeli untuk memberikan data pribadi Penjual atau Pembeli seperti foto identitas terkini, rincian rekening bank dan/atau dokumen lain apapun yang diperlukan, untuk tujuan verifikasi, termasuk verifikasi yang diperlukan oleh pengelola pembayaran pihak ketiga dan penyedia layanan logistik. Dengan ini Penjual/Pembeli memberi persetujuan kepada Jaja.id untuk menggunakan atau memberikan kepada pihak ketiga data pribadi Penjual/Pembeli untuk memfasilitasi penggunaan Situs oleh Penjual/Pembeli. Lebih lanjut, Penjual/Pembeli memberi wewenang kepada Jaja.id untuk menggunakan data pribadi Penjual/Pembeli guna mengajukan pertanyaan apapun yang kami anggap perlu untuk memvalidasi identitas Penjual/Pembeli dengan entitas yang sesuai seperti bank Penjual/Pembeli. Untuk informasi lebih lanjut dalam kaitan dengan bagaimana Jaja.id menangani informasi pribadi anda, silakan kunjungi halaman Kebijakan Privasi kami.
f. Garansi Jaja.id merupakan tambahan dan tanpa batasan atas kewajiban Pembeli dan Penjual berdasarkan hukum yang berlaku, yang mungkin melebihi apa yang diberikan oleh Garansi Jaja.id. Garansi Jaja.id tidak dimaksudkan atau dirancang untuk membantu Pembeli atau Penjual dalam mematuhi kewajiban hukumnya sendiri, di mana untuk hal tersebut setiap pihak akan tetapi bertanggung jawab sendiri-sendiri, dan Jaja.id tidak bertanggung jawab sehubungan dengan hal tersebut. Tanpa batasan, Garansi Jaja.id bukan merupakan garansi produk.
g. Pembeli dan Penjual mengakui dan setuju bahwa keputusan Jaja.id (termasuk setiap permohonan) sehubungan dengan dan dalam kaitan dengan setiap masalah mengenai Garansi Jaja.id bersifat final.12.     SELLER PLATINUMa. Seller Platinum merupakan sebuah apresiasi yang diberikan oleh Jaja.id untuk Penjual yang aktif, memiliki pelayanan pelanggan yang baik dan telah memenuhi kriteria yang ditentukan oleh Jaja.id (selanjutnya disebut sebagai “Seller Platinum”). Produk-produk yang dijual oleh Seller Platinum selanjutnya disebut sebagai “Produk Seller Platinum”. Seller Platinum berhak atas beberapa hak-hak istimewa dan keuntungan, sebagaimana diatur di dalam Situs. Berikut ini adalah syarat dan ketentuan yang berlaku terhadap Seller Platinum , yang ditentukan oleh Jaja.id dari waktu ke waktu berdasarkan Kebijakan Jaja.id, sesuai dengan Persyaratan Layanan.
b. Untuk mengetahui kriteria menjadi Seller Platinum, Penjual dapat membuka tautan https://help.Jaja.id.co.id/s/article/Siapakah-Star-Seller-Jaja.id. Jaja.id dapat sewaktu-waktu mengubah kriteria Seller Platinum dengan kebijaksanaannya sendiri,  berdasarkan Kebijakan Jaja.id, sesuai dengan Persyaratan Layanan.
c. Jaja.id dapat mengundang Penjual untuk menjadi Seller Platinum. Apabila Penjual tidak bersedia untuk menjadi Seller Platinum, Penjual tersebut dapat menyampaikan pemberitahuan kepada Jaja.id selambat-lambatnya 3 (tiga) hari kalender setelah Jaja.id memberitahukan Penjual bahwa Penjual tersebut terpilih menjadi Seller Platinum. Apabila Seller Platinum tidak memberikan pemberitahuan tersebut, maka Seller Platinum tersebut dianggap telah setuju untuk menjadi Seller Platinum sesuai dengan syarat dan ketentuan.
d. Seller Platinum dapat memilih untuk tidak lagi menjadi Seller Platinum setiap saat dengan memilih opsi keluar yang tersedia di Jaja.id Help Center https://help.Jaja.id.co.id/s/.
e. Dari waktu ke waktu Jaja.id akan melakukan peninjauan performa Seller Platinum. Penjual yang telah menjadi Seller Platinum akan terus menjadi Seller Platinum kecuali Penjual tersebut tidak lagi memenuhi kriteria yang ditentukan Jaja.id untuk menjadi Seller Platinum.
f. Efektif sejak 12 April 2019, kecuali disepakati lain antara Jaja.id dan Seller Platinum, Seller Platinum mengakui dan setuju untuk membayar kepada Jaja.id suatu biaya administrasi untuk setiap Produk Seller Platinum yang terjual di Situs (“Biaya Administrasi Seller Platinum”).
g. Untuk setiap Produk yang berhasil terjual di Situs,  Biaya Administrasi Seller Platinum yang dibayarkan untuk Produk Seller Platinum akan dihitung sebagai berikut:
Biaya Administrasi Seller Platinum = 2% Setiap Transaksi          Dari waktu ke waktu, Jaja.id berhak untuk mengubah besaran Biaya Administrasi Seller Platinum sesuai dengan kebijaksanaan Jaja.id dan dengan pemberitahuan kepada Penjual.h. Sebelum dikenakan Biaya Administrasi Seller Platinum, Seller Platinum menerima pemberitahuan melalui notifikasi di aplikasi Jaja.id (“Pemberitahuan Terkait Biaya”). Dalam hal Seller Platinum tidak menyetujui pemberlakuan Biaya Administrasi Seller Platinum dan tidak ingin lagi menjadi Seller Platinum, Penjual tersebut dapat menyampaikan pemberitahuan kepada Jaja.id selambat-lambatnya dalam waktu 3 (tiga) hari kalender setelah menerima Pemberitahuan Terkait Biaya. Dengan menyampaikan pemberitahuan tersebut, Penjual dianggap setuju untuk tidak lagi terpilih menjadi Seller Platinum. Penjual hanya dapat kembali menjadi Seller Platinum apabila menyetujui syarat layanan Seller Platinum ini dan setuju untuk membayar Biaya Administrasi Seller Platinum.
i. Dalam hal Jaja.id tidak menerima jawaban dari Seller Platinum dalam waktu 3 (tiga) hari kalender setelah mengirimkan Pemberitahuan Terkait Biaya, Seller Platinum akan dianggap telah setuju untuk membayar Biaya Administrasi Seller Platinum dan Seller Platinum tidak lagi berhak atas pengembalian dana dalam bentuk apapun.13.     PENGIRIMAN
a. Jaja.id akan memberi tahu Penjual kapan Jaja.id menerima Uang Pembelian Pembeli. Kecuali disepakati lain dengan Jaja.id, Penjual kemudian harus melakukan pengaturan yang diperlukan untuk mengirimkan barang yang dibeli kepada Pembeli dan memberikan rincian seperti nama perusahaan pengiriman, nomor pelacakan, dsb. kepada Pembeli melalui Situs.
b. Untuk pengiriman barang oleh Penjual kepada Pembeli, Penjual dan Pembeli dapat memilih layanan pengiriman yang disediakan oleh perusahaan layanan logistik yang bekerja sama dengan Jaja.id. Jaja.id bertindak sebagai perantara yang mempertemukan antara Penjual dan Pembeli dengan perusahaan layanan logistik yang dipilih oleh Pembeli dan Penjual. Penjual dan Pembeli merupakan pihak yang menunjuk dan menggunakan jasa perusahaan layanan logistik dalam mengirimkan barang dari Penjual kepada Pembeli. Pembayaran biaya kirim untuk setiap jasa pengiriman barang menjadi tanggung jawab Pembeli dan Penjual.
c. Penjual harus melakukan upaya terbaiknya untuk memastikan Pembeli menerima barang yang dibeli dalam Masa Garansi Jaja.id, bilamana berlaku atau jangka waktu yang ditentukan (untuk pembayaran offline) oleh Penjual pada daftar Penjual.
d. Pengguna memahami bahwa Penjual menanggung seluruh resiko yang melekat pada pengiriman barang(-barang) yang dibeli dan menjamin bahwa Penjual memiliki atau akan memperoleh cakupan asuransi yang memadai untuk pengiriman barang(-barang) yang dibeli. Dalam hal dimana barang(-barang) yang dibeli rusak, hilang atau mengalami kegagalan pengiriman selama masa pengiriman, Pengguna mengakui dan setuju bahwa Jaja.id tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan, pengeluaran, biaya atau ongkos yang timbul dari hal tersebut dan Penjual dan/atau Pembeli akan membicarakan hal tersebut dengan penyedia jasa logistik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
e. Untuk Transaksi Lintas Batas (Cross-Border Transaction), Pengguna memahami dan mengakui, dimana di dalam suatu daftar produk disebutkan bahwa produk tersebut akan dikirimkan dari luar negeri, produk tersebut dijual oleh Penjual yang berdomisili di luar Republik Indonesia, dan  bahwa seluruh transaksi impor dan ekspor dari produk tersebut tunduk kepada undang-undang dan peraturan setempat. Pengguna harus memahami seluruh batasan impor atau ekspor yang berlaku untuk negara yang dituju. Pengguna mengakui bahwa Jaja.id tidak dapat memberikan nasihat hukum terkait hal ini dan setuju bahwa Jaja.id tidak akan menanggung resiko dan kewajiban apapun terkait dengan impor dan ekspor produk tersebut ke negara Republik Indonesia.14.     TANGGUNG JAWAB PENJUAL
a. Penjual harus mengelola dengan baik dan memastikan bahwa informasi relevan seperti harga dan rincian barang, jumlah persediaan serta syarat dan ketentuan penjualannya diperbarui pada daftar Penjual dan tidak boleh memposting informasi yang tidak akurat atau menyesatkan.
b. Harga barang yang dijual akan ditentukan oleh Penjual atas kebijakannya sendiri. Harga barang dan biaya kirim harus termasuk seluruh jumlah yang akan dikenakan kepada Pembeli seperti pajak penjualan, pajak pertambahan nilai, ongkos, dsb. dan Penjual tidak boleh mengenakan jumlah semacam itu sebagai tambahan dan secara terpisah kepada Pembeli.
c. Tanpa mengenyampingkan ketentuan di dalam Bagian 20.2, sesuai dengan ketentuan impor barang kiriman yang berlaku di Republik Indonesia, Penjual memahami, menyetujui, dan mengijinkan Jaja.id untuk menampilkan harga barang yang telah termasuk jumlah pajak yang dibebankan untuk barang tersebut sesuai dengan ketentuan hukum perpajakan yang berlaku di Republik Indonesia. Untuk menghindari keragu-raguan, ketentuan di dalam Bagian 20.3 ini hanya berlaku khusus untuk Penjual yang melakukan transaksi di kawasan perdagangan bebas (Free Trade Zone) yang ditentukan oleh pemerintah Republik Indonesia atau Transaksi Lintas Batas (Cross-Border Transaction).
d. Penjual setuju bahwa atas kebijakannya Jaja.id dapat terlibat dalam kegiatan promosi untuk mendorong transaksi antara Pembeli dan Penjual dengan mengurangi, memotong atau mengembalikan biaya, atau dengan cara lain. Penyesuaian tersebut akan berlaku atas harga akhir yang akan dibayar oleh Pembeli.
e. Untuk tujuan mempromosikan penjualan dan item yang dicantumkan oleh Penjual, Jaja.id dapat memposting barang tersebut (dengan harga yang disesuaikan) pada situs web pihak ketiga (seperti situs portal dan situs perbandingan harga) dan situs web lainnya (dalam atau luar negeri) yang dioperasikan oleh Jaja.id.
f. Penjual harus mengeluarkan tanda terima, slip kartu kredit atau faktur pajak kepada Pembeli atas permintaan.
g. Penjual mengakui dan setuju bahwa Penjual akan bertanggung jawab untuk membayar seluruh pajak, bea dan cukai untuk barang yang dijual dan Jaja.id tidak dapat memberikan nasihat hukum atau pajak terkait hal ini. Karena undang-undang dan peraturan pajak yang dapat berubah dari waktu ke waktu, Penjual disarankan untuk mencari nasihat profesional jika mengalami keraguan.
h. Penjual mengakui dan setuju bahwa pelanggaran Penjual terhadap salah satu kebijakan Jaja.id akan mengakibatkan berbagai tindakan seperti yang tercantum dalam Bagian 7.1.

15.     PERMASALAHAN
a. Dalam hal timbul masalah dalam suatu transaksi, Pembeli dan Penjual setuju untuk terlebih dahulu berkomunikasi satu sama lain melalui Situs untuk menyelesaikan permasalahan atas dasar diskusi bersama, yang mana Jaja.id akan menggunakan usaha komersial yang wajar untuk memfasilitasi. Apabila permasalahan tersebut tidak dapat diselesaikan atas dasar diskusi bersama, Pengguna dapat pergi ke pengadilan klaim di yurisdiksi setempat mereka untuk menyelesaikan setiap masalah yang timbul dari suatu transaksi.
b. Masing-masing Pembeli dan Penjual berjanji dan setuju bahwa pihaknya tidak akan membawa gugatan atau sebaliknya menyatakan klaim atau komplain (baik perdata atau pidana) terhadap Jaja.id (kecuali dimana Jaja.id adalah Penjual dari produk yang terkait dengan klaim) sehubungan dengan setiap transaksi yang dibuat di Situs atau permasalahan yang terkait dengan transaksi tersebut.
c. Pengguna yang dilindungi oleh Garansi Jaja.id dapat mengirimkan permintaan tertulis kepada Jaja.id untuk membantu mereka menyelesaikan masalah yang mungkin timbul dari suatu transaksi atas permintaan. Atas kebijakannya sendiri dan tanpa kewajiban apapun kepada Penjual dan Pembeli, Jaja.id dapat mengambil semua langkah yang diperlukan untuk membantu Pengguna menyelesaikan permasalahannya. Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat Kebijakan Pengembalian Dana dan Barang Jaja.id.
d. Agar menjadi jelas, layanan yang disediakan berdasarkan Bagian 23 ini hanya tersedia untuk Pembeli yang dilindungi oleh Garansi Jaja.id. Pembeli yang menggunakan cara pembayaran lainnya untuk pembeliannya harus menghubungi Penjual secara langsung.

16. KRITIK DAN SARAN

a. Jaja.id menyambut informasi, kritik dan saran dari Pengguna kami yang akan memungkinkan Jaja.id meningkatkan kualitas layanan yang disediakan. Silakan lihat prosedur kritik dan saran kami di bawah ini untuk informasi lebih lanjut:
• Kritik dan saran dapat dibuat secara tertulis melalui email atau dengan menggunakan formulir umpan balik yang dapat ditemukan pada Aplikasi.
• Kritik dan saran anonim tidak akan diterima.
• Pengguna yang terkena dampak kritik dan saran harus sepenuhnya diberi tahu tentang semua fakta dan diberi kesempatan untuk menjelaskan masalah dari sudut pandang mereka.
• Kritik dan saran yang tidak jelas dan memfitnah tidak akan dilayani.

17. PENAFIAN

a. LAYANAN DISEDIAKAN "APA ADANYA" DAN TANPA GARANSI, KLAIM ATAU PERNYATAAN APAPUN YANG DIBUAT OLEH JAJA.ID DALAM BENTUK APAPUN BAIK TERSURAT, TERSIRAT ATAU MENURUT UNDANG-UNDANG SEHUBUNGAN DENGAN LAYANAN, TERMASUK, DENGAN TIDAK TERBATAS PADA, GARANSI KUALITAS, KINERJA, TIDAK ADANYA PELANGGARAN, KELAYAKAN UNTUK DIPERDAGANGKAN, ATAU KESESUAIAN UNTUK TUJUAN TERTENTU, DAN JUGA TIDAK ADA JAMINAN YANG DIBUAT SELAMA HUBUNGAN, SELAMA PELAKSANAAN ATAU PENGGUNAAN PERDAGANGAN. DENGAN TIDAK MEMBATASI KETENTUAN DI ATAS DAN SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, JAJA.ID TIDAK MENJAMIN BAHWA LAYANAN, SITUS INI ATAU FUNGSI YANG TERDAPAT DI DALAMNYA AKAN TERSEDIA, DAPAT DIAKSES, TANPA GANGGUAN, TEPAT WAKTU, AMAN, AKURAT, LENGKAP ATAU BEBAS DARI KESALAHAN, BAHWA KECACATAN, BILA ADA, AKAN DIPERBAIKI, ATAU BAHWA SITUS INI DAN/ATAU SERVER YANG MEMUNGKINKAN SITUS INI MENJADI TERSEDIA BEBAS DARI VIRUS, JAM, TIMER, PENGHITUNG, WORM, PENGUNCIAN PERANGKAT LUNAK, DROP DEAD DEVICE, TROJAN HORSE, PERUTEAN, PINTU JEBAKAN, BOM WAKTU ATAU SETIAP KODE, INSTRUKSI, PROGRAM ATAU KOMPONEN BERBAHAYA LAINNYA.

b. ANDA MENGAKUI BAHWA SELURUH RISIKO YANG TIMBUL DARI PENGGUNAAN ATAU KINERJA SITUS DAN/ATAU LAYANAN TETAP DITANGGUNG OLEH ANDA SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU.

c. JAJA.ID TIDAK MEMILIKI KENDALI ATAS DAN, SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, TIDAK MENJAMIN ATAU BERTANGGUNG JAWAB UNTUK: (A) KESESUAIAN TUJUAN, KEBERADAAN, KUALITAS, KEAMANAN ATAU LEGALITAS BARANG YANG TERSEDIA MELALUI LAYANAN; ATAU (B) KEMAMPUAN PENJUAL UNTUK MENJUAL BARANG ATAU PEMBELI UNTUK MEMBAYAR BARANG. APABILA ADA PERMASALAHAN YANG MELIBATKAN SATU PENGGUNA ATAU LEBIH, PENGGUNA TERSEBUT SETUJU UNTUK MENYELESAIKAN PERMASALAHAN TERSEBUT ANTARA MEREKA SENDIRI SECARA LANGSUNG DAN, SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, MEMBEBASKAN JAJA.ID DAN AFILIASINYA DARI SETIAP DAN SEMUA KLAIM, TUNTUTAN DAN GANTI RUGI YANG TIMBUL DARI ATAU SEHUBUNGAN DENGAN PERMASALAHAN TERSEBUT.

18. PENGECUALIAN DAN BATASAN TANGGUNG JAWAB

a. SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, DALAM KEADAAN APAPUN JAJA.ID TIDAK AKAN BERTANGGUNG JAWAB BAIK DALAM HAL KONTRAK, GARANSI, PERBUATAN MELAWAN HUKUM (TERMASUK, DENGAN TIDAK TERBATAS PADA, PENGABAIAN (BAIK APAKAH AKTIF, PASIF ATAU DIPERHITUNGKAN), KEWAJIBAN PRODUK, KEWAJIBAN KETAT ATAU TEORI LAINNYA), ATAU PENYEBAB LAINNYA DARI TINDAKAN HUKUM, DALAM KEADILAN, OLEH UNDANG-UNDANG ATAU HAL LAINNYA, UNTUK:
• (A) HILANGNYA PENGGUNAAN; (B) HILANGNYA KEUNTUNGAN; (C) HILANGNYA PENDAPATAN; (D) HILANGNYA DATA; (E) HILANGNYA GOOD WILL; ATAU (F) KEGAGALAN MEREALISASIKAN SIMPANAN YANG DIPERKIRAKAN, UNTUK SETIAP KASUS BAIK SECARA LANGSUNG MAUPUN TIDAK LANGSUNG; ATAU
• SETIAP KERUGIAN TIDAK LANGSUNG, INSIDENTIL, KHUSUS ATAU KONSEKUENSIAL, YANG TIMBUL DARI ATAU SEHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN ATAU KETIDAKMAMPUAN UNTUK MENGGUNAKAN SITUS INI ATAU LAYANAN, TERMASUK, DENGAN TIDAK TERBATAS PADA, SETIAP KERUGIAN YANG DIAKIBATKAN OLEHNYA, BAHKAN JIKA JAJA.ID TELAH DIBERI TAHU TENTANG KEMUNGKINAN KERUGIAN TERSEBUT.

b. ANDA MENGAKUI DAN SETUJU BAHWA SATU-SATUNYA HAK ANDA SEHUBUNGAN DENGAN SETIAP MASALAH ATAU KETIDAKPUASAN DENGAN LAYANAN ADALAH UNTUK MEMINTA PENGAKHIRAN AKUN ANDA DAN/ATAU BERHENTI MENGGUNAKAN LAYANAN.

c. APABILA, DENGAN TIDAK MENGESAMPINGKAN BAGIAN SEBELUMNYA, JAJA.ID DINYATAKAN OLEH PENGADILAN DARI YURISDIKSI YANG BERKOMPETENSI UNTUK BERTANGGUNG JAWAB (TERMASUK UNTUK KELALAIAN YANG DISENGAJA), MAKA, SEPANJANG DIPERBOLEHKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, KEWAJIBAN JAJA.ID KEPADA ANDA ATAU KEPADA PIHAK KETIGA TERBATAS PADA YANG LEBIH KECIL ANTARA: (A) SETIAP JUMLAH YANG JATUH TEMPO DAN HARUS DIBAYAR KEPADA ANDA BERDASARKAN GARANSI JAJA.ID; DAN (B) RP 1.000.000 (SATU JUTA RUPIAH).

d. TIDAK ADA HAL APAPUN DALAM SYARAT LAYANAN INI YANG AKAN MEMBATASI ATAU MENGECUALIKAN TANGGUNG JAWAB UNTUK KEMATIAN ATAU CEDERA PRIBADI YANG DISEBABKAN OLEH KELALAIAN JAJA.ID, UNTUK PENIPUAN ATAU UNTUK TANGGUNG JAWAB LAIN PADA PIHAK JAJA.ID YANG TIDAK DAPAT DIBATASI DAN/ATAU DIKECUALIKAN SECARA HUKUM.

19. TAUTAN KE SITUS PIHAK KETIGASitus pihak ketiga yang tersedia di seluruh Situs akan memungkinkan anda meninggalkan Situs ini. Tautan ini disediakan demi kebaikan saja, dan situs-situs yang tertaut tidak berada di bawah kendali Jaja.id dengan cara apapun dan karenanya anda mengaksesnya dengan risiko anda sendiri. Dengan cara apapun Jaja.id tidak bertanggung jawab atas konten dari situs tertaut tersebut atau setiap tautan yang terdapat dalam situs tertaut, termasuk setiap perubahan atau pembaruan atas situs tersebut. Jaja.id menyediakan tautan ini semata-mata untuk kenyamanan, dan disertakannya tautan ini dengan cara apapun tidak menyiratkan atau jelas menyatakan afiliasi, dukungan atau sponsor oleh Jaja.id untuk situs tertaut dan/atau setiap konten di dalamnya.

20. KONTRIBUSI ANDA UNTUK LAYANAN

a. Dengan mengirimkan Konten untuk disertakan pada Layanan, anda menyatakan dan menjamin bahwa anda mempunyai semua hak dan/atau izin yang diperlukan untuk memberikan izin di bawah ini kepada Jaja.id. Anda juga mengakui dan setuju bahwa anda bertanggung jawab penuh untuk apapun yang anda posting atau sediakan pada atau melalui Layanan, termasuk, dengan tidak terbatas pada, keakuratan, keandalan, sifat, izin untuk hak, kepatuhan terhadap hukum dan batasan hukum yang berkaitan dengan kontribusi Konten. Dengan ini anda memberikan kepada Jaja.id dan penerusnya izin yang berlaku di seluruh dunia, bersifat non eksklusif, bebas royalti, dapat disublisensikan dan dipindahkan yang tidak dapat dicabut kembali untuk menggunakan, menyalin, mendistribusikan, mempublikasikan ulang, mengirim, mengubah, menyesuaikan, membuat karya turunan, menampilkan secara terbuka, dan melakukan secara terbuka kontribusi Konten tersebut pada, melalui atau sehubungan dengan Layanan dalam format media apapun dan melalui saluran media apapun, termasuk, dengan tidak terbatas pada, untuk mempromosikan dan mendistribusikan ulang bagian dari Layanan (dan karya turunannya) tanpa perlunya atribusi dan anda setuju untuk melepaskan hak moral (dan setiap hak serupa di bagian dunia mana pun) sehubungan dengan hal itu. Anda memahami bahwa kontribusi anda dapat dikirim melalui berbagai jaringan dan diubah untuk menyesuaikan dan beradaptasi dengan persyaratan teknis.

b. Setiap Konten, bahan, informasi atau ide yang anda posting pada atau melalui Layanan, atau kirimkan kepada Jaja.id dengan cara apapun (masing-masing disebut "Pengiriman"), tidak dianggap rahasia oleh Jaja.id dan dapat disebarkan atau digunakan oleh Jaja.id tanpa kompensasi atau kewajiban kepada anda untuk tujuan apapun, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, mengembangkan, memproduksi dan memasarkan produk. Dengan melakukan Pengiriman kepada Jaja.id, anda mengakui dan setuju bahwa Jaja.id dan/atau pihak ketiga lainnya secara independen dapat mengembangkan perangkat lunak, aplikasi, antarmuka, produk dan modifikasi serta perubahan yang serupa atau mirip dalam hal fungsi, kode atau karakteristik lainnya dengan ide yang terdapat dalam Pengiriman anda. Karena itu, dengan ini anda memberikan kepada Jaja.id dan penerusnya izin yang bersifat kekal, berlaku di seluruh dunia, tidak eksklusif, bebas royalti, dapat disublisensikan dan dipindahkan yang tidak dapat dicabut kembali untuk mengembangkan barang yang disebutkan di atas, dan untuk menggunakan, menyalin, mendistribusikan, mempublikasikan ulang, mengirim, mengubah, menyesuaikan, membuat karya turunan, menampilkan secara terbuka, dan melakukan secara terbuka setiap Pengiriman pada, melalui atau sehubungan dengan Layanan dalam format media apapun dan melalui saluran media apapun, termasuk, dengan tidak terbatas pada, untuk mempromosikan dan mendistribusikan ulang bagian dari Layanan (dan karya turunannya). Ketentuan ini tidak berlaku untuk informasi pribadi yang tunduk pada kebijakan privasi kami kecuali apabila anda membuat informasi pribadi tersebut tersedia untuk umum pada atau melalui Layanan.

21. KONTRIBUSI PIHAK KETIGA UNTUK LAYANAN DAN TAUTAN LUAR

a. Setiap kontributor untuk Layanan data, teks, gambar, suara, video, perangkat lunak dan Konten lainnya sepenuhnya bertanggung jawab untuk keakuratan, keandalan, sifat, izin untuk hak, kepatuhan terhadap hukum dan batasan hukum yang berkaitan dengan kontribusi Konten. Karenanya, Jaja.id tidak bertanggung jawab dan tidak akan memantau secara rutin atau memeriksa keakuratan, keandalan, sifat, izin untuk hak, kepatuhan terhadap hukum dan batasan hukum yang berkaitan dengan kontribusi Konten. Anda tidak akan menganggap Jaja.id bertanggung jawab untuk setiap tindakan atau tidak adanya tindakan oleh Pengguna, termasuk, dengan tidak terbatas pada, hal-hal yang diposting atau disediakan oleh mereka melalui Layanan.

b. Selain itu, Layanan dapat mengandung tautan ke produk, situs web, layanan dan penawaran pihak ketiga. Tautan, produk, situs web dan layanan pihak ketiga ini tidak dimiliki atau dikendalikan oleh Jaja.id. Sebaliknya, semuanya dioperasikan dan dimiliki oleh pihak ketiga yang bersangkutan, serta mungkin dilindungi oleh hak cipta atau undang-undang dan perjanjian hak kekayaan intelektual lainnya yang berlaku. Jaja.id belum meninjau dan tidak bertanggung jawab atas konten, fungsionalitas, keamanan, layanan, kebijakan privasi, atau praktik lainnya oleh para pihak ketiga ini. Anda disarankan untuk membaca syarat dan ketentuan yang diterbitkan oleh pihak ketiga tersebut di situs web mereka atau di tempat lainnya. Dengan menggunakan Layanan, anda setuju bahwa Jaja.id tidak akan bertanggung jawab dengan cara apapun bila anda menggunakan atau tidak dapat menggunakan situs web atau widget. Anda juga mengakui dan menyetujui bahwa Jaja.id dapat menonaktifkan penggunaan anda atau menghapus setiap tautan pihak ketiga, atau aplikasi pada Layanan apabila semuanya itu melanggar Syarat Layanan ini.

22. PERNYATAAN DAN JAMINAN ANDAAnda menyatakan dan menjamin bahwa:

• Anda memiliki kapasitas hukum (dan dalam hal anak di bawah umur, persetujuan yang sah dari orang tua atau wali), hak dan kemampuan untuk mengikatkan diri pada Syarat Layanan ini dan mematuhi ketentuan-ketentuannya; dan
• Anda akan menggunakan Layanan untuk tujuan yang sah saja dan sesuai dengan Syarat Layanan ini serta semua undang-undang, aturan, kode, arahan, pedoman, kebijakan dan peraturan yang berlaku.

23. KECURANGAN ATAU AKTIVITAS YANG MENCURIGAKANFraud adalah tindakan curang yang dilakukan sedemikian rupa, sehingga menguntungkan diri sendiri, kelompok, atau pihak lain (perorangan, perusahaan atau institusi). Tindakan Fraud tentunya akan sangat merugikan bagi Jaja.id, Penjual dan Pembeli. Demi meningkatkan keamanan bertransaksi di Jaja.id, kami membuat ketentuan agar tidak terjadi Fraud (kecurangan) dalam setiap transaksi antara Penjual dan Pembeli, 
Ketentuan untuk Penjual, yaitu:
• Jaja.id berhak membatalkan pesanan apabila tidak memenuhi syarat/melanggar ketentuan yang berlaku;
• Sebelum penjual mengirim kembali barang/uang kepada pembeli, harus ada persetujuan dari kedua belah pihak dan diketahui oleh tim Jaja.id. Tim Jaja.id akan bertindak sebagai penengah/mediator antara Penjual dan Pembeli;
• Aktivitas memalsukan transaksi untuk meningkatkan reputasi penjual dengan menggunakan sejumlah akun palsu yang membeli produk di lapak penjual, lalu pembeli palsu akan memberikan feedback positif untuk produk tersebut;• Penjual tidak dapat menyatakan produk tersebut original tetapi yang datang bukan original, sebaliknya Pembeli tidak boleh berbohong apabila produk yang diterima original tetapi pembeli menyatakan bahwa produk itu bukan original.
Ketentuan untuk Pembeli, yaitu:
• Saat pembeli telah menerima barang yang dipesan tetapi ternyata tidak sesuai dengan deskripsi iklan penjual, pembeli harus mengambil gambar barang tersebut sebagai bukti konkret;
• Pembeli harus melakukan aktivitas transfer dana melalui Jaja.id, karena dana akan aman dan tidak akan diteruskan ke penjual apabila transaksi tersebut bermasalah;
• Pembeli tidak boleh melakukan orderan fiktif, seperti memberikan alamat yang tidak sesuai yang dilakukan dengan sengaja [KHUSUS COD];
• Pembeli tidak boleh complain terhadap barang yang telah dikirim oleh penjual, hanya karena berubah pikiran terhadap barang yang dipesan.
Jaja.id selalu meningkatkan system keamanan agar para pengguna merasan nyaman dan aman. Jaja.id akan bertindak tegas terhadap pelanggaran Fraud baik dari penjual, pembeli dan karyawan Jaja.id sendiri. Jaja.id juga mengajak bekerjasama dengan semua pihak untuk bertransaksi dengan jujur dan adil.
Apabila ada memiliki pertanyaan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di support@jaja.id.

24. GANTI RUGIAnda setuju untuk mengganti rugi, membela dan membebaskan Jaja.id, dan para pemegang saham, anak perusahaan, afiliasi, direktur, petugas, agen, pemilik merek bersama dan mitra lainnya, serta karyawannya (secara bersama-sama disebut "Pihak yang Diberi Ganti Rugi") dari dan terhadap setiap dan semua klaim, tindakan hukum (termasuk namun tidak terbatas pada tindakan hukum perdata dan pidana), proses hukum, dan gugatan dan semua hal yang berkaitan dengan kewajiban, kerugian, penyelesaian, penalti, denda, biaya dan pengeluaran (termasuk, dengan tidak terbatas pada, setiap biaya penyelesaian permasalahan lainnya) yang dikeluarkan oleh Pihak yang Diberi Ganti Rugi yang timbul dari atau berkaitan dengan: (a) setiap transaksi yang dibuat di Situs, atau setiap permasalahan terkait dengan transaksi tersebut (kecuali dimana Jaja.id adalah Penjual di dalam transaksi yang terkait dengan permasalahan tersebut), (b) Garansi Jaja.id, (c) hosting, pengoperasian, pengelolaan dan/atau administrasi Layanan oleh atau atas nama Jaja.id, (d) pelanggaran atas ketentuan apapun dari Syarat Layanan ini atau setiap kebijakan atau pedoman yang dirujuk di sini oleh anda, (e) penggunaan atau penyalahgunaan Layanan oleh anda, (f) pelanggaran terhadap hukum atau hak pihak ketiga oleh anda atau (g) setiap Konten yang diunggah oleh anda.

25. KETERPISAHANApabila ada ketentuan dari Syarat Layanan ini yang dianggap melanggar hukum, batal, atau karena alasan apapun tidak dapat diberlakukan berdasarkan hukum di yurisdiksi tersebut, maka ketentuan tersebut harus dianggap dapat dipisahkan dari syarat dan ketentuan ini dan tidak akan memengaruhi keabsahan dan keberlakuan setiap ketentuan yang tersisa di yurisdiksi tersebut maupun keabsahan dan keberlakuan ketentuan tersebut berdasarkan hukum di yurisdiksi lainnya.

26. HUKUM YANG MENGATUR

Syarat Layanan ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Singapura, tanpa memperhatikan pertentangan prinsip-prinsip hukumnya. Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Kontrak untuk Penjualan Barang Internasional dan Undang-Undang Keseragaman Transaksi Informasi Komputer, sejauh yang berlaku, secara tegas dinafikan. Kecuali diwajibkan lain oleh hukum yang berlaku, setiap permasalahan, kontroversi, klaim atau perbedaan dalam bentuk apapun yang timbul dari atau sehubungan dengan Syarat Layanan ini terhadap atau yang berkaitan dengan Jaja.id atau salah satu Pihak yang Diberi Ganti Rugi berdasarkan Syarat Layanan ini akan dirujuk dan pada akhirnya diselesaikan di arbitrase di Singapura sesuai dengan Aturan Arbitrase Singapore International Arbitration Centre ("Aturan SIAC") yang berlaku saat itu, di mana aturan tersebut dianggap dimasukkan sebagai referensi dalam Bagian ini. Akan ada satu (1) arbitrator dan bahasa arbitrase menggunakan Bahasa Inggris.
SAYA TELAH MEMBACA PERJANJIAN INI DAN MENYETUJUI SEMUA KETENTUAN YANG TERCANTUM DI ATAS DAN SETIAP REVISI YANG DILAKUKAN ATASNYA SESUDAHNYA. DENGAN MENGKLIK TOMBOL "DAFTAR" ATAU "HUBUNGKAN DENGAN FACEBOOK" PADA SAAT PENDAFTARAN, SAYA MEMAHAMI BAHWA SAYA SEDANG MEMBUAT TANDA TANGAN DIGITAL, YANG SAYA MAKSUDKAN UNTUK MEMILIKI KEKUATAN DAN AKIBAT YANG SAMA SEPERTI BILA SAYA MENANDATANGANI NAMA SAYA SECARA MANUAL.