Cara Menanggapi Komplain Retur dari Pembeli

Cara Masuk ke Area Diskusi dari Transaksi yang Sedang Dikomplain

  1. Kamu bisa mengklik Balas Diskusi Komplain Barang dari e-mail pemberitahuan retur yang kamu terima dari Jaja.id, atau
  2. Kamu bisa masuk ke menu Transaksi, lalu klik Lihat Semua Transaksi, lalu klik tab Komplain/Retur, lalu cari nomor transaksi terkait, lalu masuklah ke halaman detil transaksi, dan pilihlah tab Diskusi Komplain

 Ketentuan dan Cara Penyelesaian Diskusi Retur Secara Umum

  1. Pastikan kamu sudah memilih tab Diskusi Komplain pada halaman detil transaksi yang ingin kamu balas/tanggapi
  2. Cari bagian Diskusi Komplain Barang. Pada bagian tersebut, kamu bisa menyimak alasan mengapa pembeli mengajukan permintaan retur beserta foto barang yang ia terima. Balaslah diskusi yang diajukan oleh pembeli dan buatlah kesepakatan diskusi di kolom tersebut
  3. Ketentuan diskusi komplain untukmu sebagai pelapak:
    1. Diskusi Komplain retur dianggap valid oleh Admin Jaja.id untuk menengahi diskusi, selama diskusi tersebut berlangsung di fitur Kirim Pesan dan/atau halaman Diskusi Komplain. Namun admin tetap akan mengarahkan komunikasi tetap pada halaman Diskusi Komplain yang telah disediakan.
    2. Jadilah pelapak yang aktif berdiskusi agar permasalahan cepat selesai
    3. Jika kamu tidak memberikan balasan dalam 3x24 jam sejak komplain diajukan pembeli, uang pembayaran akan dikembalikan kepada pembeli.
    4. Jika kamu harus mengirimkan barang pengganti/tambahan ke alamat pembeli kemudian kamu tidak memenuhinya sesuai tenggat waktu yang diberikan, uang pembayaran akan diteruskan ke pembeli
    5. Jika kamu tidak memberikan balasan dalam 3x24 jam sejak komplain diajukan pembeli, uang pembayaran akan dikembalikan kepada pembeli
    6. Jika retur tidak disetujui Admin, karena barang yang dibeli sudah sesuai deskripsi pelapak atau kerusakan disebabkan kesalahan pembeli, maka uang pembayaran akan langsung diteruskan ke BukaDompet milikmu
  4. Kamu bisa menekan tombol Panggil Admin jika diskusimu dengan pembeli menemui jalan buntu (tidak bisa menemukan kesepakatan)
  5. Setelah kamu dan pembeli telah mencapai kesepakatan, atau setelah solusi diskusi disetujui Admin, kamu bisa melanjutkan penyelesaian komplain sesuai tipe retur yang disetujui Admin 

Penyelesaian Komplain dengan Tipe Solusi Pengembalian Uang

  1. Kamu akan mendapatkan e-mail “Permintaan Pengembalian Uang Disetujui” dari Jaja.id
  2. Pastikan alamatmu untuk pengembalian barang yang tertera di tab Diskusi Komplain sudah benar. Klik Ubah Alamat pada tab Diskusi Komplain transaksi terkait jika alamatmu masih belum sesuai
  3. Kamu akan mendapatkan notifikasi berupa e-mail Barang Telah Dikirim dari Jaja.id, begitu pembeli telah mengirimkan barang ke alamatmu
  4. Jangan lupa untuk klik Konfirmasi Terima Barang begitu kamu menerima barang
  5. Uang pembayaran akan diteruskan oleh Admin ke BukaDompet sesuai kesepakatan diskusi 

Penyelesaian Komplain dengan Tipe Solusi Penggantian Barang

  1. Kamu akan mendapatkan e-mail Permintaan Penggantian Barang Disetujui dari Jaja.id
  2. Pastikan alamatmu untuk pengembalian barang yang tertera di tab Diskusi Komplain sudah benar. Klik Ubah Alamat pada tab Diskusi Komplain transaksi terkait jika alamatmu masih belum sesuai
  3. Kamu akan mendapatkan notifikasi berupa e-mail Barang Telah Dikirim dari Jaja.id, begitu pembeli telah mengirimkan barang ke alamatmu
  4. Jangan lupa untuk klik Konfirmasi Terima Barang begitu kamu menerima barang
  5. Setelah itu, segera kirim barang pengganti ke alamat pembeli yang diberikan pada halaman diskusi. Klik Konfirmasi Kirim Barang, masukkan nomor resi pengiriman barang pengganti, lalu klik Kirim Nomor Resi
  6. Setelah pembeli melakukan konfirmasi bahwa ia telah menerima barang pengganti yang kamu kirim, uang pembayaran akan diteruskan oleh Admin ke BukaDompet sesuai kesepakatan diskusi

Penyelesaian Komplain dengan Tipe Solusi Penambahan Barang

  1. Kamu akan mendapatkan e-mail Permintaan Penambahan Barang Disetujui dari Jaja.id
  2. Segera kirim barang tambahan ke alamat pembeli yang diberikan pada halaman diskusi. Klik Konfirmasi Kirim Barang, masukkan nomor resi pengiriman barang tambahan, lalu klik Kirim Nomor Resi
  3. Setelah pembeli melakukan konfirmasi bahwa ia telah menerima barang tambahan yang kamu kirim, uang pembayaran akan diteruskan oleh Admin ke BukaDompet sesuai kesepakatan diskusi