Ketentuan Pengembalian Dana dan Barang di Jaja.id

 

Jaja.id terus meningkatkan layanan dan fasilitas untuk menjamin kepuasan kamu sebagai pelanggan, namun tidak dipungkiri masih banyak celah yang bisa membuat kamu kecewa.

Oleh karena itu Jaja.id, terus mengembangkan fasilitas dan metode pengaduan sehingga setiap masalah akan teratasi dengan cepat dan akurat.

Salah satunya adalah dalam hal pengembalian dana atau refund. Dalam transaksi online, refund dapat dikatakan sebagai transaksi yang dibatalkan. Barang yang sudah dibeli dikembalikan ke penjual dan uang dikembalikan kepada pembeli. Refund terjadi biasanya karena barang kurang sesuai dengan keinginan pembeli atau rusak.

Sedangkan return berarti penukaran barang yang sebelumnya sudah dibeli dengan barang yang lainnya karena alasan tertentu. Lalu reject berarti penolakan. Dalam transaksi belanja onlinereject diartikan sebagai barang yang diterima dalam kondisi yang tidak baik atau ditemukan adanya cacat.

1. Jaja.id akan melakukan pengembalian dana atau refundjika: 

  1. Penjual tidak melakukan konfirmasi pengiriman barang dalam waktu 3x24 jam di hari kerja (pengiriman reguler) atau 2x24 jam (pengiriman kilat) setelah status transaksi berubah menjadi dibayar.
  2. Penjual menolak pesanan dengan sengaja.
  3. Akun pelapak di non-aktifkan karena melanggar ketentuan Aturan Pengguna Jaja.id.
  4. Transaksi dibatalkan atas kesepakatan penjual dan pembeli.
  5. Pembeli melakukan pembayaran dengan metode bank transfer, namun status transaksi sudah kedaluarsa (sudah lewat dari waktu yang sudah ditentukan).
  6. Pembeli mengajukan retur barang.

 2. Ketentuan pengembalian dana atau refund:

Ketentuan pengembalian dana pembeli di Jaja.id sebagai berikut:

  1. Dana refundakan dikembalikan ke Dana pembeli.
  2. Untuk pembayaran menggunakan kartu kredit, dana refundakan dikembalikan ke kartu kredit pembeli dengan maksimal 14 hari kerja terhitung sejak transaksi dibatalkan dan status berubah menjadi 

3. Permohonan untuk Pengembalian Barang 

Pembeli hanya boleh mengajukan permohonan pengembalian Barang dan/atau pengembalian dana dalam situasi berikut:

  1. Barang belum diterima oleh Pembeli;
  2. Barang tersebut cacat dan/atau rusak saat diterima;
  3. Barang tidak original;
  4. Barang yang diterima tidak lengkap;
  5. Penjual telah mengirimkan Barang yang tidak sesuai dengan pesanan spesifikasi yang disepakati (misalnya salah ukuran, warna, dsb.) kepada Pembeli;
  6. Barang yang dikirimkan kepada Pembeli secara material berbeda dari deskripsi yang diberikan oleh Penjual dalam daftar Barang; atau
  7. Melalui kesepakatan pribadi dengan Penjual dan Penjual harus mengirimkan konfirmasi kepada Jaja.id mengenai kesepakatan tersebut.

Permohonan Pembeli harus dikirimkan melalui Situs.

Jaja.id akan meninjau setiap permohonan Pembeli kasus per kasus dan, atas kebijakannya sendiri, menentukan apakah permohonan Pembeli berhasil atau tidak. 

Jika Pembeli telah memulai tindakan hukum terhadap Penjual, Pembeli dapat memberikan pemberitahuan formal dari pihak yang berwenang kepada Jaja.id untuk meminta Jaja.id terus menahan uang pembelian sampai penetapan resmi tersedia. Atas kebijakannya sendiri yang mutlak, Jaja.id akan menetapkan apakah perlu untuk terus menahan uang pembelian tersebut.

4. SOP Pengembalian Barang

Setiap pengembalian barang memiliki prosedur yang sudah ditetapkan oleh Jaja.id sebagai berikut:

  1. Semua produk retur wajib kembali ke ‘Gudang’ (diluar konsep fulfillment) id untuk dilakukan QC tersendiri
  2. Buyer wajib foto produk yang ingin di retur
  3. Buyer wajib sertakan video unboxing (khusus barang branded) – Max 1x24 jam setelah barang diterima